Mochidaz
Mochidaz Professional Tidurers

Bahasa Pemrograman Rust 6: Memahami Ownership dan Borrowing

Bahasa Pemrograman Rust 6: Memahami Ownership dan Borrowing

Kali ini kita masuk ke topik yang lumayan ribet dan membingungkan bagi siapapun yang baru saja belajar Rust, entah itu seorang programmer yang berpengalaman maupun tidak. Topik ini merupakan hal yang membuat Rust unik - yang membuat Rust adalah Rust. Benar, kita akan membahas tentang Ownership, fitur terunik bahasa Rust yang menjamin keamanan memory tanpa penggunaan garbage collector. Di artikel ini, kita akan membahas tentang ownership dan borrowing, juga tipe stack dan tipe heap.

Ownership dan Borrowing akan sangat sangat membingungkan pemula, namun sangatlah penting dan vital karena ownership merupakan fitur utama bahasa ini. Dalam bahasa lain, masalah memory dapat menyebabkan kesalahan data dan crash pada program - dan Rust, Rust menekankan keamanan memory atau memory safety terlebih dahulu. Sekarang, mari kita lihat sebuah error yang sangat membuat pusing para pemula dalam bahasa Rust.

1
2
3
4
5
fn main() {
    let x = "Ini adalah variabel".to_string();
    let y = x;
    println!("{}", x);
}

Dalam kode diatas, kita me-assign variabel x pada y, lalu memasukkan x kedalam macro println!. Lalu apakah yang akan terjadi? Benar, error berikut akan terjadi:

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
error[E0382]: borrow of moved value: `x`
 --> struct.rs:4:20
  |
2 |     let x = "Ini adalah variabel".to_string();
  |         - move occurs because `x` has type `String`, which does not implement the `Copy` trait
3 |     let y = x;
  |             - value moved here
4 |     println!("{}", x);
  |                    ^ value borrowed here after move

Untuk mengetahui apa yang terjadi disini, kita harus mengetahui beda dari tipe stack dan heap.

Tipe stack

Stack dibuat untuk pembuatan dan pengambilan memori yang cepat. Memori secara otomatis diambil kembali oleh program setelah si variabel keluar dari scope. Tipe stack merupakan tipe default dalam Rust. stack mencakup tipe-tipe primitif, yang memiliki ukuran yang telah ditetapkan atau fixed size dimana compiler dapat mengetahui ukuran memori yang tepat pada saat compile time seperti berikut:

1
2
3
4
let int: i32 = 10;
let float: f32 = 5.5;
let boolean: bool = true;
let ch: char = 'a';

Mengapa string tidak termasuk kedalam stack? Karena string merupakan sebuah koleksi/collection dari u8.

Lalu mengapa dipanggil dengan “stack”? Ketika anda membuat variabel baru, variabel tersebut akan dialokasi diatas variabel stack sebelumnya, seperti menumpuk kertas. Ketika sebuah variabel tidak dibutuhkan kembali, maka si variabel akan disingkirkan dari tumpukan tersebut jadi memory dapat diambil kembali pada penggunaan selanjutnya. Memori yang dialokasikan untuk variabel-variabel yang dialokasikan pada stack benar-benar disamping satu sama lain sehingga itulah yang membuat stack benar-benar cepat - si program tidak butuh untuk mencari dimana variabel selanjutnya harus berada dalam memori karena ia hanya menaruh/mengalokasikan si variabel diatas variabel sebelumnya pada stack dan membuatnya mudah diakses. Karena itulah ukuran dari tipe primitif harus diketahui dan fixed. Variabel yang dialokasikan pada stack tidak dapat tumbuh atau grow karena tidak ada tempat di dalam stack tersebut - yang ukurannya telah ditetapkan.

Lalu dimana bagian memory managementnya disini? Ini adalah tentang si kurung kurawal/curly bracket yang merupakan penentu scope dalam bahasa Rust. Mari kita lihat contohnya.

1
2
3
4
5
6
7
8
fn main() {
    let x = 10;
    if x == 5 {
        let y = 20;
        println!("{}", y);
    }
    println!("{}", y);
}

Kode diatas akan mengalami error dikarenakan oleh penggunaan variabel y diluar scope if statement. Sejauh ini, konsep ini merupakan hal yang biasa di bahasa pemrograman lainnya juga. Disaat variabel yang berada di dalam scope menemukan akhir dari kurung kurawal, maka “PUFF”, si variabel akan hilang seperti asap dan memori akan dibebaskan dan diambil kembali. Hal ini juga berlaku pada prosedur dan fungsi, juga pada setiap segala sesuatu yang memiliki kurung kurawal.

Tipe heap

Tipe heap merupakan tipe yang fleksibel - ukurannya dapat berubah-ubah, memori yang dapat hidup diluar scope yang membuatnya. Memori ini akan diambil kembali secara otomatis ketika OWNER-nya keluar dari scope. Tipe kompleks adalah merupakan tipe yang termasuk kedalam heap, contohnya Vector, String, HashMap, dan sebagainya. Kita juga dapat mengalokasikan tipe stack pada heap dengan menggunakan Box<T>. Berikut adalah contoh tipe data yang berada pada heap.

1
2
3
let vector: Vec<i32> = vec![10,30,20,25];
let string: String = "Aku string".to_string();
let boxed_i32: Box<i32> = Box::new(50);

Perbedaan

1
2
3
let a = 10;
let b = a;
println!("{} {}", a, b);

Potongan kode diatas memuat sebuah tipe primitif yaitu a yang bertipe i32 kita assign pada variabel b, kemudian kita print menggunakan macro println!. Kode tersebut akan berjalan dengan baik, tanpa error. Sekarang, mari kita lihat contoh berikutnya - contoh yang akan menjawab error di bagian paling atas.

1
2
3
let a = String::from("Halo");
let b = a;
println!("{} {}", a, b);

Kode diatas memuat sebuah tipe kompleks yaitu a yang bertipe String. Seperti pada potongan kode yang memuat stack, kita me-assign variabel a ke b. Segalanya terlihat sama. Namun, mengapa terjadi error? Nah, disini terlihat perbedaan bagaimana Rust mengatur stack dan heap dengan jelas. Variabel stack-allocated - para tipe primitif akan di-copy, karena mengcopy variabel stack itu “murah”. Tipe-tipe primitif memiliki trait Copy yang memungkinkan itu terjadi sedangkan tipe kompleks - Rust memindahkan (move) ownership dan tidak mengimplementasikan trait Copy.

Ownership dan Borrowing

Sekarang, kalian sudah tahu kan beda dari stack dan heap? Oke, jadi simpelnya, ownership itu seperti ini:

  • Data di-assign kepada sebuah variabel.
  • Si variabel menjadi owner atau pemilik dari data tersebut.
  • Hanya dapat ada satu pemilik dalam satu waktu.
  • Ketika si pemilik keluar dari scope, maka data tersebut akan hilang dari memori.

Sekarang, lihatlah potongan kode berikut:

1
2
3
let a = String::from("Halo");
let b = a;
println!("{} {}", a, b);

Kode diatas merupakan kode yang akan error, seperti yang telah kalian lihat. Lalu, bila kita ingin me-assign variabel a kepada variabel b - atau untuk variabel b mengambil data variabel a, bagaimana kita melakukannya? Ada dua cara untuk melakukannya.

Cara pertama adalah dengan menggunakan method clone().

1
2
3
let a = String::from("Halo");
let b = a.clone();
println!("{} {}", a, b);

clone() akan membuat data baru yang sama - yang dialokasikan di heap dan kemudian me-assignnya pada variabel baru, yang dalam kasus diatas, pada variabel b. Method .clone() membuat sebuah “kopi” dari si memori. Jadi, kedua variabel tersebut merupakan variabel yang benar-benar berbeda. Namun, cloning relatif “mahal” pada heap.

Yang kedua adalah dengan “meminjam” atau “borrow” si ownership sebagai sebuah reference.

1
2
3
let a = String::from("Halo");
let b = &a;
println!("{} {}", a, b)

Pada bahasa lain, dua variabel dapat menunjuk kepada memori yang sama sehingga, bila satu variabel diubah, maka variabel lain juga akan ikut terubah. Hal ini dapat mengakibatkan masalah parallel dan concurrency seperti race conditions. Masalah seperti ini bukanlah masalah bagi Rust.

Sekarang, kita akan menggali lebih dalam tentang borrowing.

1
2
3
4
fn main() {
  let int: i32 = 10;
  let boxed_int: Box<i32> = Box::new(10);
}

Diatas sini kita dapat melihat kedua variabel int dan boxed_int dimana int merupakan tipe primitif yang berada pada stack dan boxed_int merupakan tipe integer yang dialokasikan pada heap (heap allocated integer). Sekarang kita akan mencoba membuat procedure sederhana.

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
fn main() {
  let int: i32 = 10;
  let boxed_int: Box<i32> = Box::new(10);

  stack_proc(int);
  println!("{}", int);
}

fn stack_proc(x: i32) {   
  println!("{}", x)
}

Diatas sini ada sebuah prosedur yang akan mem-print si variabel int. Kode diatas akan berjalan dengan sempurna. Kita masih akan tetap bisa menggunakan macro println! pada variabel int bahkan setelah prosedur tersebut dipanggil. Hal ini menandakan bahwa Rust akan meng-kopi si variabel int yang merupakan sebuah tipe primitif kepada parameter x pada prosedur stack_proc yang kemudian membuat variabel int dan parameter x menunjuk pada memori yang berbeda - tumpukan memori baru ditambahkan kepada stack. Hal ini dapat dibuktikan lebih jelas dengan mengubah nilai x.

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
fn main() {
  let int: i32 = 10;
  let boxed_int: Box<i32> = Box::new(10);

  stack_proc(int);
  println!("{}", int);
}

// Jangan lupa keyword mut untuk mutability
fn stack_proc(mut x: i32) {   
  x += 10;
  println!("{}", x)
}

Output yang dikeluarkan oleh si prosedur dan macro println! yang mem-print langsung variabel int akan berbeda - karena mereka menunjuk pada memori yang berbeda. Sekarang, kita akan melakukan hal yang sama pada tipe kompleks.

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
fn main() {
  let int: i32 = 10;
  let boxed_int: Box<i32> = Box::new(10);

  stack_proc(int);
  println!("{}", int);
  
  heap_proc(boxed_int);
  println!("{}", boxed_int);
}

// Jangan lupa keyword mut untuk mutability
fn stack_proc(mut x: i32) {   
  x += 10;
  println!("{}", x)
}

fn heap_proc(y: Box<i32>) {
  println!("{}", y)
}

Apa yang akan terjadi dengan kode diatas? Yap, seperti yang sudah kalian duga, akan terjadi error pada kode diatas. Seperti yang kalian tahu, Rust akan membersihkan memori yang telah keluar dari scope dan tipe-tipe kompleks akan memindahkan ownership, bukan mengkopi memori. Jadi setelah variabel kompleks kalian, yang dalam kasus diatas, adalah boxed_int keluar dari scope prosedur heap_proc, memori akan dibersihkan sehingga si variabel boxed_int kalian tidak lagi memiliki ownership kepada memori tersebut. Memori yang telah kalian pindahkan kepada parameter y pada prosedur heap_proc diatas akan lenyap seperti abu setelah menemui akhir dari scope prosedur tersebut sehingga disaat variabel boxed_int digunakan oleh macro println! setelah prosedur heap_proc dipanggil, Rust sudah membersihkan memori boxed_int tersebut yang membuatnya tidak memiliki ownership lagi. Tentunya seperti sebelumnya, kalian bisa menggunakan clone() sebelum memasukkannya ke dalam parameter. Namun, seperti yang kalian tahu, clone() mahal pada memori. Dan itu juga bukan merupakan solusi yang efektif. Apa yang harus kita lakukan? Benar, kita harus “meminjam” ownership dari memori tersebut!

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
fn main() {
  let int: i32 = 10;
  let boxed_int: Box<i32> = Box::new(10);

  stack_proc(int);
  println!("{}", int);
  
  heap_proc(&boxed_int);
  println!("{}", boxed_int);
}

// Jangan lupa keyword mut untuk mutability
fn stack_proc(mut x: i32) {   
  x += 10;
  println!("{}", x)
}

fn heap_proc(y: &Box<i32>) {
  println!("{}", y)
}

Seperti yang kalian lihat, bila kita ingin mem- borrow atau meminjam ownership, kita harus menggunakan tanda &. Bila dalam parameter, maka kita harus menggunakannya didepan tipe parameter tersebut seperti yang kalian lihat diatas, kemudian mem-pass argumen/variabel dengan tanda yang sama kedalam parameter tersebut. Kemudian semuanya akan berjalan dengan baik. Dengan borrow, dalam kasus diatas, si parameter y akan menjadi pemilik atau owner dari memori yang dialokasikan. Namun, itu hanya sementara. Ketika parameter y menemukan akhir dari scope nya, maka ownership akan dikembalikan kepada pemilik aslinya yang dalam kasus diatas, variabel boxed_i32 lalu anda bisa memakai kembali boxed_i32 sekehendak hati anda.

Kesimpulannya adalah, tipe primitif yang dialokasikan pada stack mengimplementasikan trait Copy dan akan meng-kopi variabel karena operasi biaya memori yang digunakan “murah” sedangkan tipe kompleks akan memindahkan ownership. Hanya bisa ada satu owner dalam satu waktu.

Terima kasih banyak karena telah membaca, nantikan part selanjutnya dari pembahasan Ownership dan Borrowing yang memang topik yang agak sulit.

comments powered by Disqus